Home > Event > Superliga Badminton >

Bandung Tuan Rumah Superliga Badminton 2019, Sejumlah Pebulutangkis Top Dunia Tampil

  • Bandung Tuan Rumah Superliga Badminton 2019, Sejumlah Pebulutangkis Top Dunia Tampil

 

Djarum Foundation bersama Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kembali menggelar turnamen Djarum Superliga Badminton 2019. Kali ini panitia menunjuk Kota Bandung, Jawa Barat sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Djarum Superliga akan digelar 18-24 Februari 2019 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Turnamen yang menggunakan format beregu itu akan diikuti oleh 13 klub. Sejumlah pemain nasional dan internasional (asing) akan meramaikan kejuaraan yang berhadiah total US$ 300 ribu atau setara dengan Rp. 4,25 Miliar.

Beberapa klub yang bakal meramaikan antara lain Djarum Kudus, Jaya Raya Jakarta, Berkat Abadi, dan Mutiara Cardinal. Sementara pemain yang masuk dalam daftar tim ada Anthony Ginting, Jhonatan Christie, Kevin Sanjaya, dan Greysia Polii. Sedangkan untuk pemain asing yang ikut meramaikan diantaranya ada Lee Yong Dae (Korea Selatan), Vladimir Ivanov (Rusia), Sai Praneeth (India).

Djarum Superliga mengadopsi format turnamen Piala Thomas-Uber. Setiap klub yang tampil bisa menggunakan pemain asing. Tujuannya ialah agar pemain lokal mempunyai pengalaman bertanding dengan atlet internasional.

Ketua Panitia Penyelenggara Superliga Badminton, Achmad Budiharto, memprediksi dengan jumlah peserta itu persaingan akan sengit. Selain itu, turnamen tersebut menjadi kian menarik dengan klub yang memiliki kemampuan relatif merata. Panitia penyelenggara meningkatkan subsidi untuk peserta. "Perubahan itu dalam arti mencoba menggairahkan dengan memberi tambahan dalam bentuk jumlah hadiah. Kalau dulu hadiah total USD 250 ribu, sekarang menjadi USD 300 ribu atau setara Rp 4,25 miliar. Begitu pula dengan subsidi yang diberikan kepada klub peserta, yakni Rp 60 juta dari sebelumnya Rp 50 juta. Sementara, subsidi pemain luar juga meningkat dari USD 6 ribu menjadi USD 10 ribu," kata Budiharto dalam jumpa pers di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Peserta Superliga Badminton 2019:

Beregu Putra

Grup A

Musica

Sports Affairs

Daihatsu Astec

Berkat Abadi

 

Grup B

Jaya Raya Jakarta

Djarum Kudus

Jatim United

Hitachi

 

Beregu Putri

 

Grup X

Jaya Raya Jakarta

Berkat Abadi

Samurai Reptiles

Tiket.com Champion Klaten

 

Grup Y

Djarum Kudus

Mutiara Cardinal

Saishunkan Unisys

Granular