Home > Event > Adventure Offroad >

Kejurnas Super Adventure Offroad Team 2016 Seri 1 : Galena Dasico Perkasa di Seri Perdana

Kejurnas Super Adventure Offroad Team 2016 Seri 1 : Galena Dasico Perkasa di Seri Perdana

  • Kejurnas Super Adventure Offroad Team 2016 Seri 1 : Galena Dasico Perkasa di Seri Perdana

Kolaborasi offroader-offroader handal antar pulau yakni Kalimantan, NTB dan Bali yang tergabung di tim Galena Dasico, berhasil memenangi seri pertama Kejuaraan Nasional Super Adventure Offroad Team (SAOT) 2016 yang dihelat di Sirkuit Lapangan Koramil, Tembalang, Semarang, (16-17/7).

     Jaka Permana (Kalteng), Dokter Jack (Lombok) serta Dek Ray (Bali), tampil atraktif menaklukkan lintasan-lintasan ekstrem yang dihidangkan penyelenggara. Dari 10 Special Stage (SS) yang dipertandingkan, Galena Dasico membukukan 3 kali fastest atau mengemas catatan waktu tercepat, masing-masing SS4, SS8 dan SS10. Dengan total poin 497, Jaka Permana dan kawan-kawan berhak berdiri tegap di puncak podium SAOT seri 1. Posisi runner up dihuni tim asal Sukoharjo, Jateng, Sendang 4X4 Offroad Team, dengan raihan 433 poin. Sedangkan Mizkev Offroad Team (Yogjakarta) berada di urutan ke-3 dengan total poin 352. “Ini serunya kejuaraan tim, sangat dibutuhkan kerjasama, kekompakan dan racikan strategi yang jitu dalam menaklukkan trek,” ucap Jaka Permana. “Luar biasa, kembali ke masa-masa kejuaraan tim yang dulu. Penyelenggara menyediakan trek yang benar-benar memacu adrenalin sekaligus menyenangkan. Kangen kompetisi offroad tim dengan lintasan yang seperti ini sudah terobati, semoga seri berikutnya lebih mantab lagi,” terang Dokter Jack.

     Dominasi Galena Dasico di SAOT kemarin bukan tanpa perlawanan dari tim-tim lain yang berlaga. Sebaliknya, Sendang 4X4, Mizkev dan Galena Logistic kerap menghadang laju Galena Dasico. Saling pukul catatan waktu tersaji di masing-masing SS. Sejatinya, Galena Logistic yang diperkuat Krisna Didit, Aziz Yurianto dan Donny, sudah di atas angin. Hingga SS7 dirampungkan, Galena Logistic sudah memimpin jauh dari rival-rivalnya. Namun sayang, di 3 SS terakhir Krisna dan kawan-kawan mengalami banyak kendala pada kendaraan tempurnya. “Banyak faktor dominan untuk tampil baik di kejuaraan offroad tim. Selain kesiapan offroader, performa mobil, kerjasama dan kekompakan tim, faktor luck alias keberuntungan juga menjadi penentu,” jelas Aziz Yurianto. Hasilnya, Galena Logistic harus puas di posisi ke-4, di bawah Galena Dasico, Sendang dan Mizkev.  

     Sementara, Tjahyadi Gunawan, promotor nasional yang juga bos Genta Auto & Sport, penyelenggara Kejurnas SAOT 2016, menjanjikan trek yang lebih menawan di putaran ke-2 nanti. “Untuk lokasi penyelenggaraan yang kita cari memang daerah-daerah yang punya lokasi seperti di Semarang ini, karena untuk kejuaraan tim mutlak mengadopsi lintasan-lintasan yang ekstrim. Rencananya, Madiun akan menjadi arena putaran ke-2, disana tak kalah lokasinya dengan Lapangan Koramil ini,” ucap Pak Gun, sapaan intim Tjahyadi Gunawan. “Untuk seri ke-2 kami membatasi peserta maksimal 15 tim saja. Alasannya, jika terlalu banyak akan memakan cukup banyak waktu dan tentunya kami harus memangkas jumlah SS,” tambah Pak Gun.

Hasil Kejuaraan

Pos  Team                                                 Regional                   Total Poin

1    Galena Dasico                                   Jatim                           497

2    Sendang 4X4 Offroad                       Jateng                        433

3    Mizkev                                                  DIY                              352

4    Galena Logistic                                 Jatim                            346

5    Galena Donkas                                 Jatim                            336

6    Dasico                                                 Bali                              291

7    Metro Offroad                                     Lampung                    287

8    Senggugu                                           Sumsel                       253

9    Zam-Zam                                            Jateng                         81